ANALISIS PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR JEMBATAN CABLE STAYEDTIPE FAN DAN TIPE RADIALAKIBAT BEBAN

Masrilayanti ', Navisko Yosen

Abstract


Sebagai negara kepulauan, Indonesia tidak lepas dari kebutuhan sarana penghubung antarpulau-pulau, salah satunya adalah jembatan. Jembatan Barelang merupakan jembatan tipecable stayed yang menghubungkan Pulau Batam–Tonton dengan bentang 642 meter. Jembatancable stayed merupakan suatu sistem struktur statis tidak tentu berderajat tinggi, dimana gaya–gaya dalam yang bekerja dipengaruhi bersama oleh kekakuan komponen penunjang utamajembatan yaitu sistem–sistem lantai kendaraan (deck, gelagar memanjang, gelagar melintang)serta kabel kabel mutu tinggi dan pylon utamanya. Ada tiga jenis pola penyusunan kabel yangsering digunakan pada jembatan cable stayed yaitu: tipe fan, tipe harp, dan tipe radial. Padakasus ini dibandingkan tipe fan yang membentuk pola penyusunan kabel yang menyebar dantipe radial yang penyusunan kabelnya bertumpu di satu titik pada pylon bagian atas.Permodelan pola susunan kabel tipe fan dan tipe radial dalam memikul berat sendiri dan bebangempa dilakukan dengan bantuan software analisa struktur SAP 2000 untuk menghitungdisplacement dan gaya dalam yang terjadi di titik pylon dan gelagar jembatan. Proses analisismenggunakan model jembatan Barelang. Zona wilayah gempa yang digunakan adalah wilayahBatam lokasi jembatan tersebut berada dengan jenis tanah lunak. Beban gempa yangdiinputkan berupa riwayat waktu (time history). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilaiperpindahan dan gaya dalam pada struktur jembatan tipe fan relatif lebih besar dibandingkandengan struktur jembatan tipe radial.

Kata kunci: Gempa, Jembatan cable stayed, Tipe Fan, Tipe Radial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.